Bimbingan Teknis Peningkatan Profesionalisme Aparatur Pelayanan Perizinan

Melalui Etika Pelayanan Publik

Pelayanan publik merupakan salah satu kunci dalam suatau pembangunan. Pelayanan publik yang baik akan mendorong kesejahteraan dan kepuasan masyarakat. Pelayanan publik juga merupakan suatu cermin dari kinerja birokrasinya jika pelayanan publiknya baik, tentunya diiringi dengan cara kinerja birokrasinya yang juga baik, begitu pula sebaliknya. Pemerintah (birokrasi) berperan sebagai fasilitator dan regulator yang menjalankan fungsi pelayanan langsung kepada masyarakat (public services), pemerintah daerah harus dapat memberi pelayanan publik secara prima yang sesuai dengan keinginan/aspirasi dan kebutuhan masyarakat, berdasarkan tatanan pemerintah yang baik (good) yaitu demokratis, transparan, akuntabel, efektif dan efisien. Salah satu bidang pelayanan publik yang seringkali menjadi sorotan masyarakat adalah pelayanan di bidang  administrasi pemerintahan, khususnya administrasi perizinan dan non perizinan. Bidang ini memiliki arti penting dalam kegiatan perekonomian dan berdampak pada bidang-bidang yang lainnya.

Mengingat fungsi utama Pemerintah dalam melayani, maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Etika pelayanan publik adalah suatu cara dalam melayani publik dengan menggunakan kebiasaan-kebiasaan yang mengandung nilai-nilai hidup dan hukum atau norma yangmengatur tingkah laku manusia yang dianggap baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayana perlu diadakannya Bimbingan Teknis tentang Pelayanan Perizinan Terpadu. Dengan Bimbingan Teknis ini diharapkan aparatur pelaksanan di bidang pelaksana di bidang pelayana  perizinan dapat lebih disiplin, profesional dan loyal di bidangnya masing-masing, sehingga kualitas pelayanan menjadi lebih baik.

Maksud dari pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis ini diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia penyelenggara perizinan
  2. Meningkatkan kualitas administrasi pelayanan perizinan
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan publik
  4. Mengevaluasi penyelenggaraan perizinan

Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia aparatur yang menjadi tombak pelayanan publik sehingga diharapkan dapat memberikan pelayana  yang terbaik.           

Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan bimbingan teknis tentang peningkatan profesionalisme aparatur pelayanan perizinan melalui etika pelayanan publik, adalah :

  1. Memberikan wawasan /pemahaman tentang prosedur pelayanan perizinan di Kabupaten Bandung Barat
  2. Memberikan wawasan /pemahaman tentang etika pelayana publik terhadap masyarakat
  3. Memberikan gambaran mengenai tata cara dalam memberikan pelayana kepada masyarakat yang baik
  4. Sebagai wadah atau media dalam menerima masukkan untuk kemajuan pelayanan publik di Kabupaten Bandung Barat.

 

19 Februari 2018 / Berita

Ngamprah - Dengan adanya upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Jabatan Administrator dan Jabatan Fungsional Tertentu yang dihadiri langsung oleh Bupati Kab. Bandung Barat H. Abubakar, Pimpinan DPRD Kab. Bandung Barat Syamsul Ma'arif, Sekda dan...

19 Februari 2018 / Berita

PLT Sekda Kabupaten Bandung Barat, Drs. H. Aseng Junaedi, M.Si, menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kesadaran Nasional di halaman Parkir Timur Kantor Bupati Bandung Barat, Senin (19/02/2018). Aseng mengatakan, Hari Kesadaran Nasional setiap tanggal 17, wajib diikuti oleh Aparatur...

04 Januari 2018 / Berita

Surat Edaran Nomor 36 Tahun 2017 tentang Penutupan Sistem Online SPIPISE   Sehubungan dengan akan diterapkannya Peraturan Kepala BKPM tahun 2017 tentang Pedoman dan Tata Cara Pelaksanaan Perizinan dan Fasilitas, dengan ini kami sampaikan informasi sebagai berikut: Sistem online...

05 Desember 2017 / Berita

Dalam upaya peningkatan pelayanan publik khususnya di bidang pelayanan perizinan, Dinas PMPTSP telah melaksanakan kegiatan sosialisasi peningkatan pelayanan perizinan yang dilaksanakan di Villa Lemon Lembang pada tanggal 23 November 2017. Maksud dan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini untuk...