Bimbingan Teknis Peningkatan Profesionalisme Aparatur Pelayanan Perizinan

Melalui Etika Pelayanan Publik

Pelayanan publik merupakan salah satu kunci dalam suatau pembangunan. Pelayanan publik yang baik akan mendorong kesejahteraan dan kepuasan masyarakat. Pelayanan publik juga merupakan suatu cermin dari kinerja birokrasinya jika pelayanan publiknya baik, tentunya diiringi dengan cara kinerja birokrasinya yang juga baik, begitu pula sebaliknya. Pemerintah (birokrasi) berperan sebagai fasilitator dan regulator yang menjalankan fungsi pelayanan langsung kepada masyarakat (public services), pemerintah daerah harus dapat memberi pelayanan publik secara prima yang sesuai dengan keinginan/aspirasi dan kebutuhan masyarakat, berdasarkan tatanan pemerintah yang baik (good) yaitu demokratis, transparan, akuntabel, efektif dan efisien. Salah satu bidang pelayanan publik yang seringkali menjadi sorotan masyarakat adalah pelayanan di bidang  administrasi pemerintahan, khususnya administrasi perizinan dan non perizinan. Bidang ini memiliki arti penting dalam kegiatan perekonomian dan berdampak pada bidang-bidang yang lainnya.

Mengingat fungsi utama Pemerintah dalam melayani, maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Etika pelayanan publik adalah suatu cara dalam melayani publik dengan menggunakan kebiasaan-kebiasaan yang mengandung nilai-nilai hidup dan hukum atau norma yangmengatur tingkah laku manusia yang dianggap baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayana perlu diadakannya Bimbingan Teknis tentang Pelayanan Perizinan Terpadu. Dengan Bimbingan Teknis ini diharapkan aparatur pelaksanan di bidang pelaksana di bidang pelayana  perizinan dapat lebih disiplin, profesional dan loyal di bidangnya masing-masing, sehingga kualitas pelayanan menjadi lebih baik.

Maksud dari pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis ini diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia penyelenggara perizinan
  2. Meningkatkan kualitas administrasi pelayanan perizinan
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan publik
  4. Mengevaluasi penyelenggaraan perizinan

Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia aparatur yang menjadi tombak pelayanan publik sehingga diharapkan dapat memberikan pelayana  yang terbaik.           

Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan bimbingan teknis tentang peningkatan profesionalisme aparatur pelayanan perizinan melalui etika pelayanan publik, adalah :

  1. Memberikan wawasan /pemahaman tentang prosedur pelayanan perizinan di Kabupaten Bandung Barat
  2. Memberikan wawasan /pemahaman tentang etika pelayana publik terhadap masyarakat
  3. Memberikan gambaran mengenai tata cara dalam memberikan pelayana kepada masyarakat yang baik
  4. Sebagai wadah atau media dalam menerima masukkan untuk kemajuan pelayanan publik di Kabupaten Bandung Barat.

 

15 September 2017 / Berita

Kantor Wilayah Dirjen Pajak Jabar I melakukan sosialisasi tentang NPWP dan KSWP di kantor DPMPTSP pada tanggal 5 September 2017, tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang tata cara penggunaan aplikasi web Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) dimana pemerintah daerah...

30 Agustus 2017 / Berita

Menindaklanjuti Surat Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Cabang Cimahi Nomor : 621/V-09/0817 perihal Undangan Penandatanganan MoU tanggal 21 Agustus 2017, dilaksanakann pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2017, waktu pukul 09.00 WIB s.d selesai dan bertempat di Meeting Room...

23 Agustus 2017 / Berita

DPMPTSP KBB kembali menerima kunjungan dari DPMPPTSP Kab. Tapanuli Utara Prov Sumatera Utara pada tanggal 14 Agustus 2017, perwakilan dari DPMPPTSP Kab. Tapanuli Utara sebanyak 3 orang dan diterima oleh Sekretaris DPMPTSP Bapak Suherman dengan didampingi oleh Ibu Anni sebagai Kepala Bidang...

14 Agustus 2017 / Berita

KBB Expo 2017 digelar dalam rangkaian peringatan Satu dasawarsa KBB sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun NKRI, Expo diisi pameran berbagai produk unggulan warga Bandung Barat. Bupati Bandung Barat Abubakar menuturkan bahwa KBB Expo 2017 ini merupakan momentum mempromosikan kinerja pemerintah...