Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tingkat inflasi dipastikan akan mengalami peningkatan mengingat melonjaknya kebutuhan masyarakat. Namun menurut Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kab. Bandung Barat, Maman S. Sunjaya, meningkatnya angka inflasi pada momentum tersebut harus bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi masyarakat.

"Mau tidak mau menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri angka inflasi paati mengalami peningkatan. Namun kita harus bisa memanfaatkannya agar menjadi sumber keuntungan, bukan kerugian. Salah satunya dengan memperkuat perekonomian masyarakat sehingga perputaran uang tetap berada di Kab. Bandung Barat" ujar Kang Maman - sapaan akrabnya - ketika membuka High Level Meeting TPID Kab. Bandung Barat Tahun 2017 do Lembang, Kamis (27/4) pagi tadi.

Ia menjelaskan, agar perputaran uang tetap berada di Kab. Bandung Barat maka masyarakat harus bisa menjadi produsen produk-produk kebutuhan pokok yang dicari selama momentum Ramadhan dan Idul Fitri mulai dari makanan hingga pakaian. Disamping itu, juga harus menu. Buhkan budaya mencintai produk lokal sehingga masyarakat tidak membelanjakan uangnya untuk produk yang berasal dari luar.

Dengan demikian perekonomian masyarakat juga akan mengalami peningkatan meski angka inflasi bertambah.

"Jadi, tidak masalah harga komoditas kebutuhan pokok masyarakat mengalami kenaikan selama daya beli masyarakat lokal dan perputaran uang ditingkat lokal juga tetap tinggi. Sehingga tingginya angka inflasi tetap menguntungkan masyarakat," tuturnya.

Kang Maman menjelaskan bahwa meningkatnya angka inflasi akan sangat dirasakan ketika masyarakat membelanjakan uangnya keluar daerah yang berdampak pada rendahnya produktifitas dan perekonomian masyarakat lokal.

Selain sebagai bulan penuh Berkah, Kang Maman berharap momentum Ramadhan dan Idul Fitri juga harus menjadi berkah bagi perekonomian masyarakat Bandung Barat karena perputaran uang masyarakat tetap berada diseputar Kab. Bandung Barat.

"Saya tantang seluruh stakeholder terkait untuk mewujudkannya dengan mendengungkan cinta produk lokal serta menjadikan inflasi sebagai sebuah keuntungan bagi masyarakat Kab. Bandung Barat," tantangnya.

Sumber: Website KBB

10 November 2017 / Berita

PESONA objek wisata Curug Malela di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat tak hanya menarik wisatawan lokal. Namun, air terjun yang sering disebut miniatur Niagara Falls di perbatasan Kanada-Amerika Serikat ini juga sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Berdasarkan...

30 Oktober 2017 / Berita

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong menilai jumlah tenaga kerja yang terserap berkat realisasi investasi masih kurang. Berdasarkan data BKPM, sejak 2015 hingga paruh pertama 2017, jumlah tenaga kerja yang terserap tercatat 3,4 juta orang tenaga kerja dari...

24 Oktober 2017 / Berita

Pemkab Bandung Barat mempersiapkan semaksimal mungkin menghadapi penilaian Adipura 2017-2018. Bupati Bandung Barat Abubakar berharap, penghargaan kebersihan itu bisa diraih tahun ini. Berbagai langkah dipersiapkan, di antaranya berkoordinasi dengan sejumlah organisasi perangkat daerah terkait...

23 Oktober 2017 / Berita

Dalam upaya peningkatan pelayanan publik khususnya di bidang pelayanan perizinan dengan melalui suatu pelayanan terpadu satu pintu serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningktan iklim investasi dan komitmen dalam peningkatan kinerja serta pencegahan korupsi, DPMPTSP Kabupaten Bandung Barat...