Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tingkat inflasi dipastikan akan mengalami peningkatan mengingat melonjaknya kebutuhan masyarakat. Namun menurut Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kab. Bandung Barat, Maman S. Sunjaya, meningkatnya angka inflasi pada momentum tersebut harus bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi masyarakat.

"Mau tidak mau menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri angka inflasi paati mengalami peningkatan. Namun kita harus bisa memanfaatkannya agar menjadi sumber keuntungan, bukan kerugian. Salah satunya dengan memperkuat perekonomian masyarakat sehingga perputaran uang tetap berada di Kab. Bandung Barat" ujar Kang Maman - sapaan akrabnya - ketika membuka High Level Meeting TPID Kab. Bandung Barat Tahun 2017 do Lembang, Kamis (27/4) pagi tadi.

Ia menjelaskan, agar perputaran uang tetap berada di Kab. Bandung Barat maka masyarakat harus bisa menjadi produsen produk-produk kebutuhan pokok yang dicari selama momentum Ramadhan dan Idul Fitri mulai dari makanan hingga pakaian. Disamping itu, juga harus menu. Buhkan budaya mencintai produk lokal sehingga masyarakat tidak membelanjakan uangnya untuk produk yang berasal dari luar.

Dengan demikian perekonomian masyarakat juga akan mengalami peningkatan meski angka inflasi bertambah.

"Jadi, tidak masalah harga komoditas kebutuhan pokok masyarakat mengalami kenaikan selama daya beli masyarakat lokal dan perputaran uang ditingkat lokal juga tetap tinggi. Sehingga tingginya angka inflasi tetap menguntungkan masyarakat," tuturnya.

Kang Maman menjelaskan bahwa meningkatnya angka inflasi akan sangat dirasakan ketika masyarakat membelanjakan uangnya keluar daerah yang berdampak pada rendahnya produktifitas dan perekonomian masyarakat lokal.

Selain sebagai bulan penuh Berkah, Kang Maman berharap momentum Ramadhan dan Idul Fitri juga harus menjadi berkah bagi perekonomian masyarakat Bandung Barat karena perputaran uang masyarakat tetap berada diseputar Kab. Bandung Barat.

"Saya tantang seluruh stakeholder terkait untuk mewujudkannya dengan mendengungkan cinta produk lokal serta menjadikan inflasi sebagai sebuah keuntungan bagi masyarakat Kab. Bandung Barat," tantangnya.

Sumber: Website KBB

19 Februari 2018 / Berita

Ngamprah - Dengan adanya upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Jabatan Administrator dan Jabatan Fungsional Tertentu yang dihadiri langsung oleh Bupati Kab. Bandung Barat H. Abubakar, Pimpinan DPRD Kab. Bandung Barat Syamsul Ma'arif, Sekda dan...

19 Februari 2018 / Berita

PLT Sekda Kabupaten Bandung Barat, Drs. H. Aseng Junaedi, M.Si, menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kesadaran Nasional di halaman Parkir Timur Kantor Bupati Bandung Barat, Senin (19/02/2018). Aseng mengatakan, Hari Kesadaran Nasional setiap tanggal 17, wajib diikuti oleh Aparatur...

04 Januari 2018 / Berita

Surat Edaran Nomor 36 Tahun 2017 tentang Penutupan Sistem Online SPIPISE   Sehubungan dengan akan diterapkannya Peraturan Kepala BKPM tahun 2017 tentang Pedoman dan Tata Cara Pelaksanaan Perizinan dan Fasilitas, dengan ini kami sampaikan informasi sebagai berikut: Sistem online...

05 Desember 2017 / Berita

Dalam upaya peningkatan pelayanan publik khususnya di bidang pelayanan perizinan, Dinas PMPTSP telah melaksanakan kegiatan sosialisasi peningkatan pelayanan perizinan yang dilaksanakan di Villa Lemon Lembang pada tanggal 23 November 2017. Maksud dan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini untuk...