Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tingkat inflasi dipastikan akan mengalami peningkatan mengingat melonjaknya kebutuhan masyarakat. Namun menurut Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kab. Bandung Barat, Maman S. Sunjaya, meningkatnya angka inflasi pada momentum tersebut harus bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi masyarakat.

"Mau tidak mau menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri angka inflasi paati mengalami peningkatan. Namun kita harus bisa memanfaatkannya agar menjadi sumber keuntungan, bukan kerugian. Salah satunya dengan memperkuat perekonomian masyarakat sehingga perputaran uang tetap berada di Kab. Bandung Barat" ujar Kang Maman - sapaan akrabnya - ketika membuka High Level Meeting TPID Kab. Bandung Barat Tahun 2017 do Lembang, Kamis (27/4) pagi tadi.

Ia menjelaskan, agar perputaran uang tetap berada di Kab. Bandung Barat maka masyarakat harus bisa menjadi produsen produk-produk kebutuhan pokok yang dicari selama momentum Ramadhan dan Idul Fitri mulai dari makanan hingga pakaian. Disamping itu, juga harus menu. Buhkan budaya mencintai produk lokal sehingga masyarakat tidak membelanjakan uangnya untuk produk yang berasal dari luar.

Dengan demikian perekonomian masyarakat juga akan mengalami peningkatan meski angka inflasi bertambah.

"Jadi, tidak masalah harga komoditas kebutuhan pokok masyarakat mengalami kenaikan selama daya beli masyarakat lokal dan perputaran uang ditingkat lokal juga tetap tinggi. Sehingga tingginya angka inflasi tetap menguntungkan masyarakat," tuturnya.

Kang Maman menjelaskan bahwa meningkatnya angka inflasi akan sangat dirasakan ketika masyarakat membelanjakan uangnya keluar daerah yang berdampak pada rendahnya produktifitas dan perekonomian masyarakat lokal.

Selain sebagai bulan penuh Berkah, Kang Maman berharap momentum Ramadhan dan Idul Fitri juga harus menjadi berkah bagi perekonomian masyarakat Bandung Barat karena perputaran uang masyarakat tetap berada diseputar Kab. Bandung Barat.

"Saya tantang seluruh stakeholder terkait untuk mewujudkannya dengan mendengungkan cinta produk lokal serta menjadikan inflasi sebagai sebuah keuntungan bagi masyarakat Kab. Bandung Barat," tantangnya.

Sumber: Website KBB

15 September 2017 / Berita

Kantor Wilayah Dirjen Pajak Jabar I melakukan sosialisasi tentang NPWP dan KSWP di kantor DPMPTSP pada tanggal 5 September 2017, tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang tata cara penggunaan aplikasi web Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) dimana pemerintah daerah...

30 Agustus 2017 / Berita

Menindaklanjuti Surat Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Cabang Cimahi Nomor : 621/V-09/0817 perihal Undangan Penandatanganan MoU tanggal 21 Agustus 2017, dilaksanakann pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2017, waktu pukul 09.00 WIB s.d selesai dan bertempat di Meeting Room...

23 Agustus 2017 / Berita

DPMPTSP KBB kembali menerima kunjungan dari DPMPPTSP Kab. Tapanuli Utara Prov Sumatera Utara pada tanggal 14 Agustus 2017, perwakilan dari DPMPPTSP Kab. Tapanuli Utara sebanyak 3 orang dan diterima oleh Sekretaris DPMPTSP Bapak Suherman dengan didampingi oleh Ibu Anni sebagai Kepala Bidang...

14 Agustus 2017 / Berita

KBB Expo 2017 digelar dalam rangkaian peringatan Satu dasawarsa KBB sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun NKRI, Expo diisi pameran berbagai produk unggulan warga Bandung Barat. Bupati Bandung Barat Abubakar menuturkan bahwa KBB Expo 2017 ini merupakan momentum mempromosikan kinerja pemerintah...