Pada hari selasa, 4 September 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bandung barat menyelenggarakan kegiatan acara Sosialisasi dengan tema Sistem perizinan Online Bagi pelaku Usaha yang bertempat di Hotel Bumi Makmur Indah lembang yang dihadiri lebih dari 70 orang peserta diantaranya Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Kamar Dagang dan Indistri Indonesia (KADIN), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Real Estate Indonesia (REI), Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA), IKM dan UMKM, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), rumah sakit dan klinik swasta.

Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS), demikian yang disampaikan oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Bapak H. Wahyu Diguna K, SH., M.Si.

Setelah diluncurkannya OSS oleh pemerintah pusat, tentunya kami Pemerintah Daerah dalam hal ini DPMPTSP Kabupaten Bandung Barat Menyesuaikan mengimplementasikan OSS dengan melayani pelaku usaha memberikan pendampingan dalam proses pendaftaran perizinan melalui OSS, sehingga tidak ada kevakuman dalam pelayanan perizinan.

Saat ini, tentunya perubahan menyeluruh terus dilakukan, dengan adanya OSS diharapkan adanya standarisasi perizinan, integrasi sistem baik pusat dan daerah, dengan dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan memberikan kemudahan masyarakat atau pelaku usaha dalam mengurus perizinan.

Untuk Mewujudkan pelayanan berusaha, Melalui OSS diharapkan investasi akan hadir lebih banyak lagi, semua itu perlu didukung oleh aparatur yang profesional, akuntabel dan transparan, serta partisipasi seluruh lapisan masyarakat, pemangku kepentingan (Multistake Holders), tanpa itu, semuanya tidak akan terwujud, termasuk peningkatan berbagai investasi, sesuai yang diharapkan.

Sistem OSS ini adalah aplikasi baru yang tentunya masih banyak penyempurnaan, ada dua faktor untuk dapat mulus dalam implementasinya yaitu sistem dan pengguna, masih banyak yang belum mengerti dalam pengisian data, perizinan yang bervariasi dan banyak, belum dukungan prasarana IT yang memadai seperti Jaringan Internet. Tentunya semua ini perlu kerja keras dan fokus, kami percaya pemerintah pusat sudah memikirkan segala sesuatunya dan pemerintah daerah akan selalu mendukung.

prinsipnya dengan OSS ini paradigma perizinan sudah berubah, dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan adanya informasi dan peningkatan wawasan bagi pelaku usaha sehingga mempermudah masyarakat luas melakukan perizinan di Kabupaten Bandung Barat serta tercipta peningkatan investasi.

 

Sumber : Bidang Pengendalian Penanaman Modal dan Sistem Informasi

08 Oktober 2019 / Berita

Periode pelaporan LKPM Triwulan III Tahun 2019 baru mulai dapat dibuat dan disampaikan pada tanggal 1 Oktober 2019, mohon segera menyampaikan sebelum batas waktu berakhir di tanggal 10 Oktober 2019;   Konsep/draft LKPM Triwulan III Tahun 2019 baru mulai dapat dibuat pada tanggal 1...

30 September 2019 / Berita

Kunjungan dari DPMPTSP Kab. Ponorogo pada hari Rabu, 25 September 2019 terkait konsultasi peningkatan pelayanan perizinan dan non perizinan serta intensifikasi Pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) ...

23 September 2019 / Berita

HAMPIR setengah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bandung Barat Tahun 2019 dan 2020 dialokasikan ke wilayah selatan. Seperti dana pinjaman  Rp 324 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur digunakan untuk membiayai perbaikan infrastruktur jalan yang sebagian besar berada di...

16 September 2019 / Berita

Sampai saat ini September 2019 telah tercatat 35 pelayanan perizinan sudah bisa menggunakan sistem perizinan online (perizinan.bandungbaratkab.go.id). Berikut daftar layanan perizinan yang sudah online:  IZIN OPERASIONAL KLINIK SURAT IZIN PANTI SEHAT SURAT TERDAFTAR PENYEHAT...