Untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan perijinan, mulai Maret ini pelayanan perijinan Usaha Mikro Kecil (UMK) secara final sudah bisa dilayani langsung ditingkat kecamatan yang mengacu pada dasar Perpres Nomor 98 Tahun 2014 yang ditindaklanjuti dengan perbup ditingkat kabupaten.

"Kini, pelayanan perijinan UMK udah final bisa dilayani ditingkat kecamatan. Jd masyarakat tidak perlu jauh ke kabupaten. Hal ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat. Kalo bisa lebih mudah, kenapa harus dipersulit," ujar Bupti Bandung Barat, H. Abubakar seelah memberikan pengarahan pada Bimtek Perijinan beberapa waktu lalu di Lembang.

Dengan kemudahan tersebut diharapkan geliat perekonomin UMK bisa bergerak lebih supel dan lebih berdaya saing.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menghimbau aparat kecamatan untuk bisa lebih memahami regulasi dan norma yang berlaku dengan menempuh seluruh prosedur pelayanan perijinan yang berlaku agar tidak timbulkan permasalahan dikemudian hari.

Meskipun demikian, aparat kewilayahan tetap hrus menjlin komunikasi lebih intens dengan dinas-dinas dikabupaten agar lebih mudah memberikan penjelasan dan prosedur perijinan ketika masyarakat membutuhkan perijinan lainnya.

"Saya minta para sekcam untuk terus berinovasi dalam bidang pelayanan, jangan hanya terpaku dan berkutat dengan mekanisme yang sudah ada. Terus gali informasi dan potensi diri unuk terus berkembang dan berinovasi demi pelayanan publik yang lebih prima," jelasnya.

Dan yang terpenting, imbuhnya, Abubakar meminta seluruh aparat pemerintahannya untuk selalu ikhlas dalam memberikan pelayanan dengan prinsip hidup terus menanamkan kebaikan tnpa pamrih, termasuk dalam pelayanan kepada masyarakat.

(Subbag Pemberitaan HUMAS SETDA KBB)

10 November 2017 / Berita

PESONA objek wisata Curug Malela di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat tak hanya menarik wisatawan lokal. Namun, air terjun yang sering disebut miniatur Niagara Falls di perbatasan Kanada-Amerika Serikat ini juga sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Berdasarkan...

30 Oktober 2017 / Berita

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong menilai jumlah tenaga kerja yang terserap berkat realisasi investasi masih kurang. Berdasarkan data BKPM, sejak 2015 hingga paruh pertama 2017, jumlah tenaga kerja yang terserap tercatat 3,4 juta orang tenaga kerja dari...

24 Oktober 2017 / Berita

Pemkab Bandung Barat mempersiapkan semaksimal mungkin menghadapi penilaian Adipura 2017-2018. Bupati Bandung Barat Abubakar berharap, penghargaan kebersihan itu bisa diraih tahun ini. Berbagai langkah dipersiapkan, di antaranya berkoordinasi dengan sejumlah organisasi perangkat daerah terkait...

23 Oktober 2017 / Berita

Dalam upaya peningkatan pelayanan publik khususnya di bidang pelayanan perizinan dengan melalui suatu pelayanan terpadu satu pintu serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningktan iklim investasi dan komitmen dalam peningkatan kinerja serta pencegahan korupsi, DPMPTSP Kabupaten Bandung Barat...