Untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan perijinan, mulai Maret ini pelayanan perijinan Usaha Mikro Kecil (UMK) secara final sudah bisa dilayani langsung ditingkat kecamatan yang mengacu pada dasar Perpres Nomor 98 Tahun 2014 yang ditindaklanjuti dengan perbup ditingkat kabupaten.

"Kini, pelayanan perijinan UMK udah final bisa dilayani ditingkat kecamatan. Jd masyarakat tidak perlu jauh ke kabupaten. Hal ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat. Kalo bisa lebih mudah, kenapa harus dipersulit," ujar Bupti Bandung Barat, H. Abubakar seelah memberikan pengarahan pada Bimtek Perijinan beberapa waktu lalu di Lembang.

Dengan kemudahan tersebut diharapkan geliat perekonomin UMK bisa bergerak lebih supel dan lebih berdaya saing.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menghimbau aparat kecamatan untuk bisa lebih memahami regulasi dan norma yang berlaku dengan menempuh seluruh prosedur pelayanan perijinan yang berlaku agar tidak timbulkan permasalahan dikemudian hari.

Meskipun demikian, aparat kewilayahan tetap hrus menjlin komunikasi lebih intens dengan dinas-dinas dikabupaten agar lebih mudah memberikan penjelasan dan prosedur perijinan ketika masyarakat membutuhkan perijinan lainnya.

"Saya minta para sekcam untuk terus berinovasi dalam bidang pelayanan, jangan hanya terpaku dan berkutat dengan mekanisme yang sudah ada. Terus gali informasi dan potensi diri unuk terus berkembang dan berinovasi demi pelayanan publik yang lebih prima," jelasnya.

Dan yang terpenting, imbuhnya, Abubakar meminta seluruh aparat pemerintahannya untuk selalu ikhlas dalam memberikan pelayanan dengan prinsip hidup terus menanamkan kebaikan tnpa pamrih, termasuk dalam pelayanan kepada masyarakat.

(Subbag Pemberitaan HUMAS SETDA KBB)

18 Juli 2017 / Berita

Jelang pelaksanaan kegiatan tahunan Apkasi Otonomi Expo 2017 yang merupakan gelaran ke-13, Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) serius menyiapkan diri. Persiapan dilakukan dengan menggelar technical meeting yang berlangsung di Merak Room Jakarta Convention Center (JCC)...

05 Juni 2017 / Berita

Bimbingan Teknis Peningkatan Profesionalisme Aparatur Pelayanan Perizinan Melalui Etika Pelayanan Publik Pelayanan publik merupakan salah satu kunci dalam suatau pembangunan. Pelayanan publik yang baik akan mendorong kesejahteraan dan kepuasan masyarakat. Pelayanan publik juga merupakan...

05 Juni 2017 / Berita

SOSIALISASI LAPORAN KEGIATAN PENANAMAN MODAL (LKPM) PERUSAHAAN PMA/PMDN DI KABUPATEN BANDUNG BARAT Kebijakan pembangunan nasional ternyata menjadikan Kabupaten Bandung Barat sebagai salah satu kawasan andalan yang dinilai mempunyai posisi strategis. Demikian juga berbagai kebijakan Provinsi...

05 Mei 2017 / Berita

Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tingkat inflasi dipastikan akan mengalami peningkatan mengingat melonjaknya kebutuhan masyarakat. Namun menurut Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kab. Bandung Barat, Maman S. Sunjaya, meningkatnya angka inflasi pada momentum tersebut...